fbpx

5 Distro Linux yang cocok dengan kebutuhanmu sehari-hari!

Pengenalan Linux

Tidak dipungkiri lagi, sistem operasi linux adalah salah satu sistem operasi yang paling powerfull dan paling banyak digunakan di teknologi server. linux adalah sistem operasi yang bersifat gratis dan opensource dan plusnya adalah anda bisa menginstall linux di laptop yang memiliki spesifikasi yang rendah.

Dengan adanya istilah open source pada linux banyak sekali distro linux yang bermunculan. sanking banyaknya distro linux, anda sampai bingung mau pakai distro linux yang mana apalagi anda yang memang baru terjun ke dunia perlinux-an yang butuh referensi lebih mendalam terkait linuxnya.

Nah, kami akan membahas terlebih dahulu apa itu sistem operasi dan kenapa kita harus pakai sistem operasi linux?.

Sistem operasi adalah program software atau perangkat lunak yang diperuntukan untuk mengelola dan mengoperasikan device compute seperti komputer dan smartphone. Inti fungsi dari sistem operasi adalah untuk menghubungkan atau sebagai media jembatan antara software aplikasi dengan perangkat keras (hardware). Nah, sistem operasi ini banyak jenisnya, Yuk kita intip apa saja jenisnya.

1. Sistem Operasi Standalone

Pada jenis sistem operasi ini, sistem operasi standalone dapat digunakan oleh single user ataupun multi user. Inti dari sistem operasi ini adalah dia dapat berdiri sendiri atau dia dapat diinstall di perangkat komputer dan banyak fitur yang bisa kita pakai contohnya peserti windows, linux dan mac os

2. Sistem Operasi Live CD

Jika anda pakai sistem operasi jenis ini, yang anda perlukan adalah adanya perangkat CD/DVD room karena jenis sistem operasi ini tidak perlu menginstallnya. Cukup masukan CD/DVD yang terdapat os dan jalankan secara live.

3. Sistem operasi embedded

sistem operasi ini adalah jenis sistem operasi yang langsung terinstall di device komputer dan biasanya tidak bisa berdiri sendiri. Sistem operasi ini memiliki fungsi khusus dan spesifikasi yang khusus contohnya eCOS, LynxOS, Embedded linux.

4. Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jenis ini dibuat khusus untuk menangani keperluan jaringan komputer. Beberapa service yang bisa ditangani adalah Http service, file server, database server dan masih banyak yang lainnya. Contoh os jenis ini adalah RHEL, Centos server, ubuntu server dan yang lainnya

Lalu apakah linux? dan kenapa kita harus pakai linux?

Linux adalah sebuah kernel yang pertama kali dikembangkan oleh linux torvalds pada tahun 1991 dengan basis os unix. Jadi linux ini awalanya bukan sistem operasi melainkan sebuah kernel. Nah. sebelum linux lahir. pada tahun 1983 hadirlah sistem operasi bebas yang di sebut sebagai GNU. Pada tahun 1985, yayasan yang bernama Free Software Foundation (FSF) ini didirikan oleh Richard Stallman. Yayasan ini berdiri untuk mendukung sistem operasi bebas seperti GNU.

Nah, walaupun GNU ini adalah sebuah sistem operasi. Namun dia belum memiliki kernel. Nah sifat GNU ini memungkinkan kernel dibuat dikemudian hari karena pada dasarnya GNU ini merupakan project dalam pengembangan sistem operasi, yang disebut sebagai GNU Project.

Dengan hadirnya linux pada tahun 1991, GNU berkolaborasi dengan dengan linux makanya disebutnya GNU linux untuk sistem operasinya.

 Linux menjadi andalan bagi orang yang berfokus di bidang IT karena sifat dari linux ini adalah bisa dimodifikasi sesuai selera masing-masing atau berkolaborasi dengan perancang source code di seluruh dunia.

Pertanyaan adalah Kenapa kita harus pakai linux? kenapa tidak yang lain? ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika pakai linux.

1. Yang pertama, linux ini gratis, anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk membeli licensi. Tidak seperti sistem operasi windows yang memerlukan biaya untuk aktivasi sistem operasinya. Bayangkan jika dirumahmu terdapat 5 laptop, berarti kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk aktivasinya. jadi Linux adalah pilihan yang tepat untuk anda jika tidak mau mengeluarkan biaya berlebih yang hanya untuk 1 licensi saja

2. Keamanan yang lebih oke dibanding dengan os lainnya. Linux memiliki keamanan yang bagus. Karena tingkat security dan permission dari linux ini sangat banyak contoh kasus kita bisa membuat hak akses yang bersifat full akses dan hak akses yang bersifat terbatas

3. Tidak perlu spesifikasi yang bagus untuk menginstall linux. pakai laptop low-end andapun tidak ada masalah.

4.  Jika anda adalah penggiat dunia it khususnya yang berkenaan dengan dunia cyber, linux ini cocok untuk anda karena ada berbagai macam tools untuk menguji keamanan di dunia cyber.

5. Jika anda adalah seorang programmer, anda wajib mencoba os satu ini, karena dengan anda menginstallnya, anda tidak perlu repot repot instalasi bahasa bahasa pemograman karena linux ini sudah menyediakannya walaupun hanya bahasa bahasa pemograman yang populer. dan masih banyak lagi keuntungannya

Bagi anda yang memang awam atau baru di dunia perlinux-an. kami akan memberikan referensi 5 distro linux (Desktop Environtment) yang cocok dengan kebutuhanmu sehari-hari seperti browsing di internet, membuat dokumen, mendengarkan music dan lain-lain yang biasa anda dapatkan di sistem operasi windows ataupun mac os.

Linux Ubuntu

Yap. yang pertama adalah ubuntu. ubuntu adalah salah satu distro linux yang paling banyak digunakan oleh user-user linux. ubuntu dikembangkan oleh perusahaan yang bernama canonical, ubuntu ini adalah os turunan debian, jadi jika anda ingin menginstall software pastikan extensinya adalah .deb. Selain mudah di install, ubuntu ini hampir sama ketika anda menggunakan sistem operasi windows. Karena tampilannya yang user friendly dan tidak banyak menu-menu yang dapat membingungkan bagi anda yang baru belajar linux. Ada beberapa lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memakai distro ini.

– Ubuntu gratis

                ketika anda memakai distro ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli licensi. tidak hanya osnya saja, package-package dan software juga bisa anda install secara gratis. cukup sediakan kopi dan cemilan untuk menginstallnya.

– Ubuntu tidak perlu resource yang tinggi

                Yap, distro ini tidak perlu resource yang banyak akan tetapi jika anda ingin memiliki experience yang lebih, maka cukup bagus jika anda memngikuti minimum resource yang direkomendasikan oleh ubuntu.

– Komunitas  dan forum ubuntu sangat banyak dan paling aktif

                Yap, sangking banyaknya user linux yang pakai ubuntu, sampai-sampai mereka membuat komunitas ubuntu tidak hanya diluar negri, di indonesia pun komunitas ubuntu ini cukup banyak membernya dan forum pun tidak sepi, akan selalu ramai karena mereka berbagi pengalaman saat menggunakan ubuntu.

– Ubuntu aktif di update

                Ubuntu ini seringkali melakukan update package atau os yang dapat menunjang produktivitas keseharianmu. Selain melakukan update, ubuntu ini juga sering mengupdate dibagian securitynya. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan yang ada di ubuntu ini.

– Banyak software gratis di pusat software ubuntu

                Jika ada software yang kamu sukai, kamu bisa cari di pusat software dengan mudah. secara default jika kamu sudah menginstall ubuntu ada beberapa software yang bisa kamu coba secara langsung tanpa harus menginstallnya sebut saja VLC dan firefox. 

Linux Mint

Distro linux yang selanjutnya kami rekomendasikan adalah Linux mint. Linux mint adalah salah satu distro linux yang memiliki perinkat ke-4 untuk distro linux yang paling banyak digunakan menurut distrowatch.com. yang artinya banyak sekali user linux memakai distro ini untuk produktivitas sehari-hari mereka. Sama seperti ubuntu, linux mint memiliki antarmuka yang user friendly layaknya sistem operasi windows, jadi jika anda adalah pengguna seetia windows, silahkan dicoba dan rasakan kenikmatanya. berikut keuntungan anda jika memakai linux mint.

– Linux mint gratis

                anda bisa menginstall distro ini secara gratistis. tidak perlu membeli licensi, cukup anda menyiapkan kopi ataupun cemilan yang bisa anda konsumsi selama proses instalasi.

– Tersedia software dokumen

                Di linux mint anda tidak perlu lagi install wps atau microsoft office, karena di distro ini sudah menyediakan software untuk membuat catatan atau dokumen yaitu libre office

– Tersedia Variasi desktop environtment

                Di linux mint ada beberapa variasi desktop environtment yang anda bisa pilih seperti CINNAMON, KDE, MATE dan juga XFCE. masing masing variasi tersebut pasti akan berbeda UI/UX nya, silahkan pilih sesuai selera.

Linux Deepin

Mungkin ini adalah salah satu alternatif jika kamu ingin memiliki experience yang ada pada sistem operasi Mac OS. Distro ini bisa dikatakan UInya hampir mirip seperti Mac OS, tampilanya yang minimalis dan juga sangat user friendly bagi kamu yang baru terjun di dunia linux. Instalasi yang cukup mudah dan juga anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun uang untuk membeli licensi. Akan ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan di distro ini.

– Instalasi yang mudah

                Instalasi deepin ini sangat mudah dilakukan dan cepat saat proses instalnya. anda tidak perlu waktu lama untuk menunggunya.

– Tampilanya yang minimalis dan keren

                Yap, UI dari deepin ini sangat minimalis dan hampir mirip seperti mac OS. Bagi anda yang ingin mencoba macbook tapi belum kesampaian, boleh dicoba distro satu ini. dan satu lagi ui pada deepin ini sangat bersih, jadi anda akan dibuat kagum dnegan osnya

– Komunitas dan forum yang aktif   

                Komunitas deepin ini cukup besar dan sangat aktif membahasa seputar linux khususnya experience di deepin OS

– Support software

                Bagi kamu yang ingin memakai linux tapi khawatir software yang biasa anda pakai tidak bisa dipakai, jangan khawatir sobss, deepin ini sudah support 40 ribu software yang tersedia di deepin ap p store, barangkali softwaremu terdapat di deepin app store.

Linux Fedora

Distro linux selanjutnya adalah fedora, distro ini berbeda dengan 3 distro diatas yang menggunakan package manager debian. berbeda halnya dengan linux  fodera ini, dia memakai package manager redhat yang extensinya adalah .rpm. Fedora dikembang kan oleh salah satu perusahaan it terkenal yaitu Red Hat. Anda tidak perlu ragu lagi karena produk-produk yang ditawarkan perusahaan redhat sudah sangat aman dari segi sistem operasinya.

ada banyak keuntungan jika kita pakai fedora ini

– Fitur keamanan yang paling bagus diantara os lainnya

                Yap, karena fedora ini adalah salah satu produk redhat, makanya dia kebagian fitur keamanan yang di provide oleh redhat secara langsung.

– Kemudahan untuk membuat hotspot

                Jika anda ingin membuat hotspot, anda tidak perlu lagi membuat dan menjalankan skrip shell karena di fedora ini sudah di sediakan fitrunya dalam bentuk GUI

– Fitur Keamanan Tingkat Lanjut

                Salah satu fitur keamanan tingkat lanjut yang di provide oleh redhat adalah fitur SELinux. Secara default fitur ini telah diaktifkan oleh fedora sehingga security yang ada pada sistem operasi fedora dijamin keamananya seperti file atau folder sharing, ftp dan akses http.

– Sudah terinstall Libre Office

                Libre Office adalah software yang fungsinya sama seperti microsoft office yaitu bisa membuat dokumen, report dan lain-lain. dengan anda menggunakan fodera sebagai sistem operasi anda tidak perlu repot-repot menginstallnya karena by default sudah ada.

– Rajin update

                Fedora adalah salah satu distro linux yang sering sekali update, bahkan fitur yang masih beta pun akan dirilis oleh redhat untuk sistem operasi fedora ini. Jadi jangan heran jika anda menggunakan sistem operasi ini, anda akan seringkali mendapatkan notif update.

Linux Elementary OS

Elementary os ini adalah salah distro linux yang antarmukanya seperti mac os, hampir sama seperti deepin os. distro ini berbasis ubuntu, yang dimana distro ini memakai paket repositori dari perusahaan canonical. banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika memakai repositori ini.

– Tampilan yang lebih menarik dan user friendly

                Elementary os ini menjadi menarik karena untuk desktop environtmentnya menggunakan Pantheon, jika kamu pernah memakai mac os, pasti tidak akan terlalu jauh perbedaanya

– Ringan & Gratis

                Keunggulan selanjutnya yang ditawarkan oleh distro ini adalah kinerja atau performance yang ringan. Kinerja yang ringan dapat memperpanjang usia hardware anda karena hardware anda tidak akan menerima beban berlebih saat menggunakanya. Selanjutnya anda akan mendapatkan distro ini secara gratis dan percuma

– Tidak terlalu banyak aplikasi bawaan

                Salah satu keunggulan yang paling penting adalah minimnya aplikasi bawaan, jadi kau tidak perlu khawatir tentang laptop low-end kamu.

Yap 5 OS diatas kami rekomendasikan untuk anda yang ingin baru belajar linux. Ingat ya sobs, masing masing distro memiliki kelebihan dan kekuranganya, jadi putuskan dengan tepat mau pakai os apa.

Tertarik mengikuti training di ID-Networkers (IDN.ID)? Kami menyediakan berbagai pilihan training cek disini.

Penulis : Deni Rismanto

Open chat