Full Stack Developer

Hello sobat IDN ! ,

Sebelumnya sobat idn pernah dengar tidak apa itu Full Stack Developer ?  

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Full Stack Developer, sobat IDN harus tahu bahwa Full stack developer ini dikembangkan oleh seorang programmer, dan Programmer adalah seseorang yang berkecimpung dalam pemrograman, yaitu proses menulis, menyusun, dan mengubah kode komputer untuk membuat program atau aplikasi yang berfungsi. Programmer menggunakan bahasa pemrograman seperti C++, Java, Python, dan JavaScript untuk menulis kode yang akan diterjemahkan oleh komputer menjadi instruksi yang dapat dilakukan. Programmer dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti pengembangan perangkat lunak, Game Development, pengembangan Web Aplikasi dan Mobile, dan masih banyak lagi. Programmer dapat bekerja sebagai individu atau dalam tim dan dapat bekerja di perusahaan perangkat lunak, perusahaan teknologi, atau dalam industri lain yang membutuhkan aplikasi perangkat lunak.

Full Stack Dev

Full Stack Developer ini adalah seorang profesional yang menguasai berbagai aspek pengembangan aplikasi, termasuk front-end (client-side) dan back-end (server-side) development. Mereka dapat mengerjakan proyek dari awal hingga akhir, mulai dari desain dan implementasi basis data hingga pengembangan antarmuka pengguna dan pengembangan aplikasi mobile. Full Stack Developers sering memiliki pengetahuan yang luas tentang bahasa pemrograman, framework, dan teknologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi.

Full Stack Developer memiliki dua sisi, yaitu front-end dan back-end yang memiliki perbedaannya masing-masing. 
Front-end development adalah bagian dari pengembangan aplikasi yang bertanggung jawab untuk menangani aspek yang terlihat oleh pengguna, seperti User Interface pengguna dan tampilan visual aplikasi. Front-end developer bertanggung jawab untuk membuat halaman web atau aplikasi mobile yang mudah digunakan dan menarik, menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Mereka juga kerap bekerja sama dengan designer untuk memastikan tampilan visual yang cocok dengan spesifikasi yang diinginkan, dan berikut adalah penjelasan singkat mengenai bahasa pemrograman yang sering dipakai oleh Front-end. Sobat idn harus untuk apa kegunaan dari ketiga bahasa tersebut
HTML (Hypertext Markup Language)

Sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dan menyusun halaman web atau bisa dikatakan sebagai bentuk kerangka awal dalam proses pembuatan Website. HTML digunakan untuk menentukan struktur dan konten dari halaman web, seperti judul, paragraf, gambar, dan tautan. HTML menggunakan tag (label) yang dikelilingi oleh tanda kurung siku untuk menentukan elemen yang akan ditampilkan pada halaman web. HTML sendiri hanyalah sebagian dari teknologi yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML digunakan untuk menentukan struktur dan konten halaman, sedangkan CSS digunakan untuk menentukan tampilan visual halaman dan JavaScript digunakan untuk menambahkan interaksi dan fungsi pada halaman web.

CSS (Cascading Style Sheets)

Sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur dan mengubah tampilan visual dari halaman web yang ditulis dengan HTML. CSS digunakan untuk menentukan warna, ukuran, posisi, dan gaya dari elemen HTML pada halaman web. CSS menggunakan aturan yang ditentukan oleh selectors (pemilih) dan properti (sifat) untuk menentukan tampilan dari elemen yang dipilih. CSS dapat diterapkan pada halaman web dengan menyertakan link ke file CSS pada head HTML halaman web atau dengan menyertakan CSS pada head HTML atau pada file yang sama dengan HTML. CSS juga dapat diterapkan pada halaman web dengan menggunakan JavaScript. Ini sangat bermanfaat untuk mengubah tampilan halaman web secara dinamis dan memberikan interaksi lebih baik untuk pengguna. 

Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan interaksi dan fungsi pada halaman web. JavaScript dapat digunakan untuk mengontrol elemen HTML dan CSS, membuat animasi, menangani event, mengirim dan menerima data dari server, dan masih banyak lagi. JavaScript dapat diterapkan pada halaman web dengan menyertakan link ke file JavaScript pada head HTML halaman web atau dengan menyertakan JavaScript pada head HTML atau pada file yang sama dengan HTML. JavaScript juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi web yang interaktif dan responsif. JavaScript menjadi bagian penting dari pengembangan aplikasi web dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan interaksi dan fungsi dari halaman web dan membuat aplikasi web yang dinamis dan responsif.

Back-end development

Back-end development adalah bagian dari pengembangan aplikasi yang bertanggung jawab untuk menangani aspek yang tidak terlihat oleh pengguna, seperti logika aplikasi, interaksi dengan basis data, dan komunikasi dengan sistem lain. Back-end developer bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola server, mengatur basis data, dan menulis kode yang mengontrol aliran data dan logika aplikasi. Mereka sering menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, Ruby, atau Java dan framework seperti Node.js, Laravel, dan Ruby on Rails. Back-end developer juga bertanggung jawab untuk menyediakan API (Application Programming Interface) yang digunakan oleh front-end developer untuk mengakses data dan fitur dari aplikasi.

Menurut sobat idn, Apakah Back-end ini diperlukan ?

Menurut mimin sangat diperlukan karena, Web Aplikasi dan Mobile membutuhkan back-end untuk dapat berfungsi dengan baik. Back-end bertanggung jawab untuk mengelola aliran data, menjaga keamanan dan privasi data, membuat logika aplikasi, dan menyediakan API yang diperlukan oleh front-end untuk mengakses data dan fitur aplikasi. Tanpa back-end, aplikasi tidak dapat berfungsi dengan baik dan tidak dapat menyediakan layanan yang diharapkan oleh pengguna.

Mimin ingin memberitahukan bahwa , untuk menjadi seorang Full Stack Developer juga memiliki keuntungan dan kerugian nya di antara lain : 

KEUNTUNGAN 

  1. Kemampuan untuk mengerjakan proyek dari awal hingga akhir: Seorang Full Stack Developer dapat mengerjakan proyek dari awal hingga akhir, mulai dari desain dan implementasi basis data hingga pengembangan antarmuka pengguna dan pengembangan aplikasi mobile. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengkoordinasikan dan mengelola proyek.
  1. Kemampuan untuk bekerja dengan berbagai teknologi: Seorang Full Stack Developer harus menguasai berbagai bahasa pemrograman, framework, dan teknologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi. Ini membuatnya lebih fleksibel dan dapat bekerja dengan berbagai proyek dan teknologi.
Kemampuan untuk memahami konteks keseluruhan proyek
Kemampuan untuk memahami konteks keseluruhan proyek: Karena Full Stack Developer memiliki pemahaman yang baik tentang keseluruhan proyek, ia dapat membuat keputusan yang lebih baik dan mengelola masalah yang timbul dengan lebih baik.
Kemampuan untuk meningkatkan kinerja tim: Seorang Full Stack Developer dapat bekerja sama dengan tim lain dengan lebih efisien dan membantu meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.
Kemampuan untuk meningkatkan karir: Kemampuan sebagai Full Stack Developer dapat meningkatkan peluang kerja dan kesempatan karir. Karena perusahaan mencari developer yang dapat mengerjakan berbagai aspek dari proyek, maka memiliki kemampuan sebagai Full Stack Developer dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan lebih tinggi gaji.

KERUGIAN

  1. Kemampuan yang diharuskan lebih banyak : menjadi Full Stack Developer memerlukan kemampuan yang lebih luas dibandingkan dengan spesialisasi, sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk menguasai semua teknologi yang diperlukan.
  2. Lebih sulit untuk menjadi ahli dalam satu bidang : Karena harus menguasai banyak teknologi, maka sulit untuk menjadi ahli dalam satu bidang tertentu dan membuatnya kurang efisien dibandingkan dengan spesialis.
  3. Lebih berat dalam menangani masalah: Karena menangani banyak aspek dari proyek maka akan lebih berat dalam menangani masalah yang muncul dan membuatnya kurang efektif

KESIMPULAN

Menurut mimin, untuk menjadi seorang Full stack Developer itu memang diperlukan keahlian khusus yang harus mengerti di segala aspek dari mulai design, system logic, dan lainnya. Tetapi tidak ada salahnya untuk menjadi seorang Full stack Developer, karena menurut mimin akan sangat memudahkan sobat Idn dalam mencari pekerjaan, tentunya di dunia programmer

Tertaring dengan kursus idn? CEK DISINI