fbpx

Pengertian,perkembangan,dan dampak dari artificial intellegence (AI)

Artificial Intelligence (AI)

Halo ID-Networkers! Gimana nih kabarnya? Saya harap semuanya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya! Di kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu teknologi yang sangat menakjubkan, di mana ia bisa berpikir seperti manusia. Yang akan kita bahas ialah tentang Artificial Intelligence (AI)

Tanpa kalian sadari AI (Artificial Intelligence), atau Bahasa sederhana nya Kecerdasan Buatan ini udah banyak bertebaran sama diterapkan di kehidupan kita sehari-hari, loh. Beberapa contohnya adalah Siri dan Google Assistant Virtual. AI ini memang bukan lah suatu hal yang baru, namun perkembangannya sangat menarik perhatian

Di dalam perkembangannya, selain dapat sangat membantu manusia, AI juga didukung dengan banyaknya film fiksi ilmiah yang berkaitan dengan AI. Dengan adanya hal tersebut, tentu akan semakin menambah ketertarikan orang-orang terhadap teknologi ini.

Kecerdasan buatan ini tidak selalu berupa asisten virtual ataupun selalu dalam bentuk robot. Sebenarnya AI lebih luas dari pada itu, teknologi ini bisa diterapkan di berbagai hal dengan menekankan pada kecerdasan mesin, sehingga mesin tersebut bisa memberikan respon seperti manusia. 

Pada saat ini, hamper seluruh perangkat komputer atau teknologi modern sudah menerapkan yang Namanya kecerdasan buatan ini. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa AI bisa kita rasakan saat menggunakan smartphone melalui Siri atau Google Assistant Virtual.

Pengertian Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) adalah cabang ilmu komputer yang berfokus pada pembuatan mesin yang dapat memiliki kecerdasan yang sama dengan atau melebihi kecerdasan manusia. AI dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia, seperti pemecahan masalah, pembelajaran, dan pengambilan keputusan. AI juga dapat memanipulasi data, mengakses informasi, dan berkomunikasi dengan orang lain.

AI terdiri dari beberapa subkategori, seperti kecerdasan buatan pakar (Expert Systems), kecerdasan buatan general (General Artificial Intelligence), dan kecerdasan buatan yang mengadaptasi diri (Adaptive Systems). Kecerdasan buatan pakar adalah mesin yang dapat memecahkan masalah-masalah yang spesifik dalam suatu bidang yang terbatas. Kecerdasan buatan general adalah mesin yang dapat memecahkan masalah-masalah apa saja dengan cara yang sama seperti manusia. Kecerdasan buatan yang mengadaptasi diri adalah mesin yang dapat belajar dan mengadaptasi diri terhadap lingkungannya secara otomatis.

AI dapat digunakan untuk membantu manusia dalam berbagai bidang, seperti perawatan kesehatan, pengembangan produk, dan pengelolaan bisnis. AI juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi di berbagai industri. Contohnya, AI dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan pasokan dan permintaan dalam perdagangan, atau untuk memprediksi kondisi cuaca dan membantu dalam perencanaan perjalanan.

Namun, AI juga dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti mengurangi lapangan kerja bagi manusia dan menciptakan ketidakadilan di dalam sistem. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan implikasi sosial dan etis dari penggunaan AI dan memastikan bahwa AI digunakan secara bijaksana.

AI adalah teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan sebagai pembelajaran atau pengetahuan bagi mesin tersebut, sama seperti manusia. AI juga membutuhkan data dan sebuah pengalaman agar kecerdasannya dapat menjadi lebih baik lagi. Poin yang sangat penting di dalam prosesnya AI adalah learning, reasoning, dan self correction. AI harus belajar untuk memperbanyak pengetahuannya. Untuk proses belajar AI tidak harus selalu disuruh oleh manusia, AI akan belajar sendiri berdasarkan pengalamannya saat digunakan oleh manusia. 

Jika disimpulkan secara garis besar AI dapat melakukan salah satu faktor dari 4 faktor berikut:

  1. Act rationally, system yang bertindak secara rasional.
  2. Think rationally, system yang mempu berpikir secara rasional
  3. Acting humanly, system yang bertindak seperti halnya manusia
  4. Thinking humanly, system yang berpikir layaknya manusia

Perkembangan Artificial Intelligence

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah melalui beberapa tahap sejak diciptakannya konsep AI pertama kali pada tahun 1950-an. Berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan AI:

  1. Tahap Perintah Bertingkat (1956-1974): Pada tahap ini, AI difokuskan pada pembuatan mesin yang dapat melakukan tugas-tugas spesifik dengan menggunakan perintah bertingkat. Pada awalnya, AI hanya dapat melakukan tugas-tugas sederhana seperti menambahkan atau mengurangi angka, tapi kemudian bisa melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks seperti pemecahan masalah matematika.
  1. Tahap Pembelajaran Mesin (1974-1980): Pada tahap ini, AI mulai berfokus pada pembuatan mesin yang dapat mempelajari dari pengalaman dan mengadaptasi diri terhadap lingkungannya. Mesin ini dapat memperbaiki kinerjanya sendiri dengan menggunakan data yang telah mereka terima.
  1. Tahap Kecerdasan Buatan Pakar (1981-1987): Pada tahap ini, AI mulai berfokus pada pembuatan mesin yang dapat memecahkan masalah-masalah spesifik dalam suatu bidang yang terbatas, seperti diagnosa medis atau perencanaan bisnis. Mesin ini disebut kecerdasan buatan pakar (Expert Systems).
  1. Tahap Kecerdasan Buatan General (1987-1993): Pada tahap ini, AI mulai berfokus pada pembuatan mesin yang dapat memecahkan masalah-masalah apa saja dengan cara yang sama seperti manusia. Mesin ini disebut kecerdasan buatan general (General Artificial Intelligence).
  1. Tahap Kecerdasan Buatan yang Mengadaptasi Diri (1993-sekarang): Pada tahap ini, AI berfokus pada pembuatan mesin yang dapat belajar dan mengadaptasi diri terhadap lingkungannya secara otomatis. Mesin ini disebut kecerdasan buatan yang mengadaptasi diri (Adaptive Systems).

Perkembangan AI terus berlanjut hingga sekarang, dengan banyak peneliti yang terus mencari cara untuk meningkatkan kemampuan mesin untuk memecahkan masalah yang semakin kompleks. AI telah menjadi bagian penting dari banyak bidang, seperti perawatan kesehatan, pengembangan produk, dan pengelolaan bisnis.

Dampak dari Artificial Intelligence

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dapat memberikan banyak manfaat bagi manusia, seperti membantu dalam pemecahan masalah yang kompleks, meningkatkan efisiensi, dan membantu dalam pengambilan keputusan. Namun, AI juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti:

  1. Menurunkan lapangan kerja bagi manusia: Penggunaan AI dapat mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia, karena mesin dapat melakukan banyak tugas dengan lebih cepat dan efisien daripada manusia. Ini dapat menyebabkan pengangguran dan menurunkan pendapatan bagi banyak orang.
  1. Menciptakan ketidakadilan di dalam sistem: AI dapat mengambil keputusan yang tidak adil jika data yang digunakan untuk membuat keputusan tersebut tidak representative atau jika sistem AI tersebut terpengaruh oleh bias yang tidak disadari. Hal ini dapat menyebabkan diskriminasi terhadap kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat.
  1. Menyebabkan masalah keamanan: Penggunaan AI dapat meningkatkan risiko keamanan, terutama jika mesin tersebut digunakan untuk mengontrol sistem yang penting atau sensitive. Misalnya, kegagalan AI dapat menyebabkan kerusakan besar pada infrastruktur atau sistem keamanan.
  1. Menyebabkan masalah etis: Penggunaan AI dapat menimbulkan masalah etis, terutama jika mesin tersebut digunakan untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi manusia. Misalnya, keputusan yang diambil oleh AI dapat menyebabkan pengangguran, diskriminasi, atau keputusan yang tidak adil bagi individu atau kelompok tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan implikasi sosial dan etis dari penggunaan AI dan memastikan bahwa AI digunakan secara bijaksana.

Ok, ID-Networkers! Untuk pembahasan tentang Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ini, kita cukupkan saja sampai di sini. Semoga artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan dan wawasan bagi teman teman semuanya! Terima kasih!

Tertarik mengikuti training di ID-Networkers? Kami menyediakan berbagai pilihan training yang bisa sesuai dengan kebutuhan temen-temen semua cek disini 🙂