fbpx

Cara Membuat Hostpot di MikroTik

Hallo sobat idn ketemu lagi, disini mimin mau berbagi ilmu lagi nih mengenai bagaimana sih caranya membuat hotspot di mikrotik. Langsung saja yu berikut penjelasan dan praktiknya

Hotspot adalah fitur pada Router Mikrotik yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan internet melalui koneksi wireless atau Ethernet dengan menggunakan username dan password. 

Fitur hotspot dapat dikonfigurasi dengan menggunakan web-based interface Router Mikrotik atau dengan menggunakan perintah-perintah di command line interface (CLI). Sobat idn dapat mengatur berbagai pengaturan seperti menentukan jumlah bandwidth yang tersedia untuk setiap pengguna, menentukan lama waktu akses internet yang tersedia, dan menentukan tarif yang harus dibayarkan oleh pengguna untuk mengakses internet.

Selain itu, fitur hotspot juga dapat dikonfigurasi untuk menyediakan akses internet yang aman dengan menggunakan enkripsi data yang kuat seperti WPA2-Enterprise atau RADIUS. Ini memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan internet dengan aman dan memastikan bahwa data yang dikirim atau diterima tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berwenang.

Kapan Harus menggunakan fitur hotspot pada mikrotik ?

Fitur hotspot pada Router Mikrotik biasanya digunakan untuk menyediakan akses internet di tempat-tempat umum seperti cafe, hotel, atau pusat perbelanjaan. Fitur ini juga berguna untuk menyediakan akses internet di tempat-tempat lain yang membutuhkan kontrol akses internet yang lebih ketat, seperti kantor atau sekolah.

Fitur hotspot juga berguna jika Sobat idn ingin menyediakan akses internet yang aman bagi pengguna. Dengan menggunakan autentikasi RADIUS atau enkripsi data yang kuat seperti WPA2-Enterprise, Sobat idn dapat memastikan bahwa data yang dikirim atau diterima tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berwenang.

Fitur hotspot juga berguna jika Sobat idn ingin mengatur bandwidth yang tersedia untuk setiap pengguna atau menentukan tarif yang harus dibayarkan oleh pengguna untuk mengakses internet. Ini memungkinkan Sobat idn untuk mengelola penggunaan jaringan internet dengan lebih baik dan mengoptimalkan performa jaringan.

Jadi, jika Sobat idn membutuhkan fitur untuk menyediakan akses internet di tempat-tempat umum atau membutuhkan kontrol akses internet yang lebih ketat, atau jika Sobat idn ingin menyediakan akses internet yang aman bagi pengguna, maka fitur hotspot pada Router Mikrotik adalah pilihan yang tepat.

Lalu apakah fitur hotspot bisa di kombinasikan dengan fitur yang lain?

Fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS dapat dikombinasikan dengan beberapa fitur lainnya, di antaranya adalah:

  1. Firewall: fitur firewall dapat digunakan untuk mengatur akses jaringan pada hotspot dan memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi.
  2. VLAN (Virtual Local Area Network): fitur VLAN dapat digunakan untuk membagi jaringan menjadi beberapa bagian atau segment, sehingga memudahkan dalam mengelola akses jaringan pada hotspot.
  3. QoS (Quality of Service): fitur QoS dapat digunakan untuk mengatur prioritas akses jaringan pada hotspot, sehingga menjamin kualitas layanan yang lebih baik bagi pengguna.
  4. VPN (Virtual Private Network): fitur VPN dapat digunakan untuk menghubungkan hotspot ke jaringan lain secara aman dan terpencil, sehingga memudahkan dalam mengelola akses jaringan pada hotspot.
  5. Radius Server: fitur Radius Server dapat digunakan untuk mengelola akses jaringan pada hotspot dengan cara menyimpan informasi autentikasi pengguna pada server radius.
  6. Bandwidth Management: fitur Bandwidth Management dapat digunakan untuk mengatur bandwidth yang tersedia pada hotspot, sehingga dapat meminimalkan penggunaan bandwidth yang tidak diperlukan.
  7. Traffic Monitor: fitur Traffic Monitor dapat digunakan untuk menampilkan lalu lintas jaringan pada hotspot, sehingga memudahkan dalam mengelola akses jaringan pada hotspot.
  8. Hotspot User Manager: fitur Hotspot User Manager dapat digunakan untuk mengelola pengguna hotspot, termasuk pembuatan, penghapusan, dan pengaturan hak akses pengguna pada hotspot.
Apa hubunganya antara fitur hotspot mikrotik dengan mikhmon?

Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi yang dapat digunakan pada router, switch, dan perangkat jaringan lainnya. Fitur hotspot merupakan salah satu fitur yang tersedia pada Mikrotik RouterOS yang dapat digunakan untuk membangun jaringan WiFi dengan menggunakan autentikasi pengguna.

Mikhmon adalah aplikasi web yang dapat digunakan untuk mengelola fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur seperti pembuatan voucher, pembayaran online, dan pengelolaan pengguna hotspot. Dengan menggunakan Mikhmon, Sobat idn dapat dengan mudah mengelola fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS tanpa harus mengetik perintah-perintah pada terminal.

Secara singkat, Mikhmon adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS, sedangkan Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi yang menyediakan fitur hotspot.

Apa yang harus disiapkan untuk menggunakan fitur hotspot mikrotik?

Untuk menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS, Sobat idn perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Router Mikrotik: Sobat idn perlu memiliki router Mikrotik yang sudah terinstal sistem operasi Mikrotik RouterOS.
  2. Koneksi internet: Sobat idn perlu memiliki koneksi internet yang akan digunakan untuk menghubungkan router Mikrotik ke jaringan luar.
  3. Jaringan WiFi: Sobat idn perlu memiliki perangkat yang mendukung jaringan WiFi, seperti laptop, smartphone, atau tablet, yang akan digunakan untuk terhubung ke jaringan WiFi yang dibuat dengan menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS.
  4. Konfigurasi jaringan: Sobat idn perlu mengkonfigurasi jaringan pada router Mikrotik dengan menentukan alamat IP, subnet mask, dan gateway yang sesuai dengan koneksi internet yang tersedia.
  5. Konfigurasi hotspot: Sobat idn perlu mengkonfigurasi fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS dengan menentukan nama jaringan WiFi, kata sandi jaringan, dan pengaturan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  6. Pengguna hotspot: Sobat idn perlu membuat pengguna hotspot yang akan digunakan untuk terhubung ke jaringan WiFi yang dibuat dengan menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS. Pengguna hotspot dapat dibuat dengan cara manual atau dengan menggunakan aplikasi seperti Mikhmon.

Setelah semua persiapan tersebut selesai, Sobat idn dapat menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS untuk membangun jaringan WiFi dengan mudah.

Setelah penjelasan mengenai jaringan hotspot pada mikrotik sekarang saatnya untuk melakukan konfigurasnya.

Topologi Jaringan : 
topologi jaringan
  1. Lakukan konfigurasi basic mikrotik terlebih dahulu (internet gateway), jika sudah bisa langsung men setup konfigurasinya.
  2. Jika sudah tambahkan IP address pada Ether 2 – 4 Ether
    1. Ether 2 : mengarah ke jaringan Lokal (192.168.30.1/24)
    2. Ether 3 : Jaringan Hotspot 1 (192.168.40.1/24)
    3. Ether 4 : Jaringan Hotspot 2 (192.168.50.1/24)

Klik IP>Address

hotspot mikrotik
  1. Konfigurasi Hotspot pada ether 3 dan ether 4 sebagai port distribusi untuk penerapan hotspot ke AP1 dan AP2

Klik IP>Hotspot>hotspot setup>(sesuaikan port nya, disini ether 3 dan ether 4 sebagai hotspot managemennya)

membuat hotspot di mikrotik

Lalu apakah betul Ipnya sesuai dengan yang sudah di konfigurasi di ip address tadi

tutorial membuat hotspot

Lalu atur range IP yang ingin di distribusikan, disini mimin menggunakan default dari /24 yaitu user aktifnya adalah 254 host

cara setting hotspot

Lalu pada bagian ini biarkan default saja

tutorial hotspot

Lalu jika ingin menset SNMP nya silahkan disini mimin biarkan secara default saja.

Untuk dibagian DNS server silahkan tambahkan DNS sesuai dengan kebutuhan yang ingin sobat idn gunakan.

Lalu pada bagian DNS Name silahkan isikan dns pada jaringan hotspot yang ingin sobat idn gunakan disini untuk AP 1 mimin berikan nama idnmantabAP1.com

Jika sudah maka akan muncul seperti berikut

Lalu lakukan Hal yang sama pada ether 4 untuk AP 2 dan disini mimin berikan DNS Namnya adalah idnmantabAP2.com, seperti berikut hasilnya

Berikut tampilan dari sever profile ini digunakan biasanya untuk memasukan login page sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Lalu jangan lupa untuk dibagian terpenting adalah menambahkan user login siapa saja yang boleh akses.

Klik menu Users dan kalik tsobat idn +

Disini mimin menambahkan user1 di server AP1 dengan password 123

Lalu untuk user2 di server AP 2 dengan password 123

hotspot

Lalu sekarang gunakan uji coba, disini mimin menggunakan percobaan di AP 2 dengan login user2 dan password 123, login kedalam ssid AP 2 terlebih dahulu

cara membuat hotspot

Lalu login di search engine dengan mengetikan idnmantabAP2.com, lalu login jika berhasil maka internet akan aktif sesuai dengan waktu yang kita setting(disini mimin berikan unlimitied)

hotpsot login

Selamat sudah berhasil melakukan konfigurasi hotspot mikrotik

Tertarik mengikuti training MikroTik di ID-Networkers? kami menyediakan training mikrotik dari tingkat basic hingga advance cek disini. Selain training MikroTik kami juga menyediakan berbagai pilihan training info lengkapnya klik disini.