fbpx

Semua hal tentang fiber optik ada disini!!

Kabel Serat Optik (Fiber Optik)

Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi.

Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain. Fiber Optic mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode menggunakan sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multimode menggunakan LED sebagai media transmisi.

Bagian-Bagian Utama Fiber Optic

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh fiber optic tentunya juga didukung dari beberapa bagian penting di dalamnya. Beberapa bagian utama tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Core (Inti)

Core ini adalah bagian yang mentransmisikan cahaya yang dibuat dari bahan kaca atau pun plastik. Jika semakin besar Core tersebut, maka akan semakin banyak juga cahaya yang bisa ditransmisikan ke dalam fiber. 

  • Cladding

Bagian lainnya dari fiber optic adalah Cladding. Bagian ini berada di optik luar yang mengelilingi Core dan nantinya akan memantulkan gelombang cahaya untuk kembali ke Core.

  • Coating (Pelapisan)

Bagian ini terdiri dari beberapa lapis plastik yang digunakan untuk menjaga kekuatan serat, menyerap goncangan serta memberikan perlindungan secara ekstra pada fiber. Di mana bagian lapisan penyangga ini terdiri dari 250 mikron sampai 900 mikron yang fungsinya untuk melindungi fiber dari risiko kerusakan dan kelembaban.

  • Strength Member &   Outer Jacket

Outer jacket adalah bagian yang berfungsi sebagai pelindung. Yakni melindungi sekitar ratusan sampai ribuan serat optik yang disusun di dalam sebuah kabel fiber optic.

Alat-Alat Fiber Optic (ToolKit) dan Fungsinya

Ada berbagai macam alat-alat fiber optic yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut adalah beberapa alat-alat tersebut.

  • Fusion Splicer

Alat ini digunakan untuk menyambungkan serat optik dan alat yang digunakan untuk menyambungkan core serat optik. Yang mana serat yang dimaksud terbuat dari kaca serta menerapkan daya listrik yang dirubah menjadi media sinar berbentuk laser. Diketahui bahwa Fusion Splicer ini memiliki keakuratan yang cukup tinggi untuk menghasilkan penyambungan yang sempurna. 

  • Stripper

Serat optik membutuhkan alat yang bernama Stripper ini yang berguna sebagai alat untuk memotong serta mengupas kulit dan juga daging dari kabel.

  • Cleaver

Alat yang bernama Cleaver ini memiliki fungsi untuk memotong core. Di mana ketika ditemukan pada kulit kabel optik sudah Anda kupas. Untuk memotongnya, maka Anda perlu menggunakan Cleaver ini. Dengan begitu, pada bagian serat kacanya bisa terpotong dengan rapi.

  • Optical Fiber Identifier

Untuk alat yang satu ini memiliki fungsi untuk bisa mengetahui arah dari sinyal dengan adanya petunjuk arah dan besarnya daya yang telah dilalui.

Dengan demikian, bagi Anda yang akan menggunakan fiber optic, maka bisa menentukan terlebih dahulu di mana Anda akan memasangnya. Dan keberadaan dari alat-alat fiber optic sangatlah penting untuk bisa membuat pemasangan fiber optic menjadi lebih sempurna.

Karakteristik kabel fiber optik:

1. Beroperasi pada kecepatan tinggi (gigabit per detik)

2. Mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar

3. Biaya rata-rata pemode cukup mahal

4. Media dan ukuran konektor kecil

5. Kebal terhadap interferensi elektromagnetik 6. Jarak transmisi yang lebih jauh (2-60 kilometer)

Teknologi fiber optic atau serat cahaya memungkinkan menjangkau jarak yang besar dan menyediakan perlindungan total terhadap gangguan elektrik. Kecepatan transfer data dapat mencapai 1000 mbps serta jarak dalam satu segment dapat labih dari 3.5 km. kabel serat cahaya tidak terganggu oleh lingkungan cuaca dan panas.

Fiber optic merupakan media transmisi terkini untuk standard Ethernet dalam kabel lan. Perbedaan utama dalam hal fungsi antara kabel fiber optic dan kabel electric adalah sebagia berikut:

  • Jarak lebih jauh
  • Jauh lebih mahal
  • Kurang interferensi magnetic, membuatnya lebih ama Dapat menunjang keceptan sampai 10 Gigabits

Ada dua macam kabel lan dalam piranti optic ini:

  • Multimode (MM), menggunakan ukuran diameter fiber optic lebih luas
  • Single mode (SM), menggunakan diameter fiber optic sangat kecil. Jenis ini sangat mahal dikarenakan proses, fabrikasinya lebih presisi. Kabel optic ini bisa mencapai jauh lebih panjang dari pada jenis optic MM.

Konektor optic

Untuk mentransmisikan data lewat kabel lan optic ini anda memerlukan sebuah strand optic tunggal untuk satu arah. Anda memerlukan dua strand optic untuk kedua arah masing-2 untuk kirim dan terima. Konektor untuk masing ujung dari fiber optic ini umumnya seperti gambar berikut:

Di bawah ini merupakan kelebihan serta kekurangan dari fiber optic:

Kelebihan:
  • Kemampuannya yang baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh
  • Kecepatan transmisi yang tinggi hingga mencapai ukuran gigabits, serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah.
  • Tingkat keamanan fiber optic yang tinggi, aman dari pengaruh. interferensi sinyal radio, motor, maupun kabelkabel yang berada di sekitarnya, membuat fiber optic lebih banyak digunakan dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan jaringan dengan tingkat keamanan yang tinggi.
  • Aman digunakan dalam lingkungan yang mudah terbakar dan panas.
  • Fiber optic juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan kabel tembaga, sehingga lebih menghemat tempat dalam ruangan network data center di mana pun.
Kekurangan:
  • Harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga. Hal ini dikarenakan fiber optic dapat mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dan jarak transmisi yang lebih jauh
  • Kekurangan lainnya adalah cukup besarnya investasi yang diperlukan untuk pengadaan sumber daya manusia yang andal. karena tingkat kesulitan implementasi dan deployment fiber optic yang cukup tinggi.

Rangkuman

 Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain, Fiber Optic mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode menggunakan sinar laser sebagai

media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Untuk mentransmisikan data lewat kabel lan optic ini anda memerlukan sebuah strand optic tunggal untuk satu arah. Anda memerlukan dua strand optic untuk kedua arah masing-2 untuk kirim dan terima

Itulah info seputar fiber optic sobat IDN, mulai dari pengertian, bagian-bagian fiber optic, toolkit, konektor, sampai kelebihan dan kekurangannya. Pasti udah paham kan sekarang 🙂 . Cukup sampai disini ya pembahasan tentang fiber optic, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya byeee :v.

Tertarik mengikuti training di ID-Networkers (IDN.ID)? Kami menyediakan berbagai pilihan training yuk cek disini.

Penulis : Budiman Hendry Rudolep

Open chat