fbpx

Tutorial reset mikrotik : hard reset, soft reset, dan install ulang (netinstall)

Halo sobat idn bagaiman hari ini? Apakah sehat? Baik disini mimin akan memberikan materi mengenai berbagai macam cara Reset pada perangkat Mikrotik. Baik langsung saja kita belajar saja dan materinya ada di bawah ini.

Hard reset adalah proses mengembalikan konfigurasi routerboard Mikrotik ke konfigurasi default yang telah ditentukan sebelumnya. Proses ini dapat dilakukan dengan menekan tombol reset atau dengan menggunakan perintah command line interface (CLI). Setelah proses hard reset selesai, semua konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya akan hilang dan routerboard akan kembali ke konfigurasi default.

Soft reset adalah proses menyegarkan atau mereset sistem operasi routerboard Mikrotik tanpa menghapus konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa untuk menghapus konfigurasi jika kita menenkankan opsinya. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah CLI atau dengan menggunakan menu reset pada Webfig atau Winbox. Setelah proses soft reset selesai, sistem operasi routerboard akan merestart dan kembali ke kondisi seperti saat pertama kali diinstal. Namun, konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya tetap akan tersimpan.

Install ulang (netinstall) adalah proses menginstal ulang sistem operasi RouterOS pada routerboard Mikrotik. Proses ini dilakukan jika sistem operasi yang terpasang pada routerboard mengalami kerusakan atau tidak dapat diakses. Untuk melakukan proses install ulang, Sobat idn harus memiliki file instalasi RouterOS yang sesuai dengan tipe routerboard yang Sobat idn gunakan. File instalasi tersebut dapat diunduh dari situs resmi Mikrotik atau dari media penyimpanan lain yang tersedia. Proses install ulang juga akan menghapus semua konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya dan mengembalikan routerboard ke konfigurasi default.

dalam kondisi apa harus menggunakan hard reset, soft reset, dan install ulang (netinstall) pada mikrotik routerboard ?

Hard Reset : Proses ini berguna jika Sobat idn lupa password atau konfigurasi routerboard Sobat idn tidak berfungsi dengan baik. Hard reset juga dapat dilakukan sebelum menjual routerboard kepada orang lain, sehingga konfigurasi yang ada tidak dapat diakses oleh orang lain.

Soft Reset : biasanya dilakukan jika sistem operasi routerboard Mikrotik mengalami masalah atau tidak bisa diakses. Soft reset dapat juga dilakukan jika Sobat idn ingin mengubah konfigurasi routerboard secara masalah, atau jika Sobat idn ingin mengubah versi RouterOS yang terpasang pada routerboard.

Netinstall : Install ulang (netinstall) biasanya dilakukan jika sistem operasi RouterOS pada routerboard Mikrotik mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dengan cara lain, atau jika Sobat idn ingin mengubah versi RouterOS yang terpasang pada routerboard. Proses ini akan menghapus semua konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya dan mengembalikan routerboard ke konfigurasi default. Sebelum melakukan proses install ulang, pastikan Sobat idn memiliki file instalasi RouterOS yang sesuai dengan tipe routerboard yang Sobat idn gunakan dan memiliki akses ke internet untuk mengunduh file tersebut.

yang dapat Sobat idn lakukan untuk melakukan hard reset pada routerboard Mikrotik:

Menekan tombol reset: Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk melakukan hard reset pada routerboard Mikrotik. Sobat idn hanya perlu mencari tombol reset pada routerboard, kemudian tekan dan tahan tombol tersebut selama beberapa detik. Setelah beberapa saat, routerboard akan mereset dan kembali ke konfigurasi default.

  • Cari tombol reset pada perangkat tersebut
  • Lalu tekan tombol reset tersebut
  • Jika sudah di tekan dalam keadaan hidup jangan lupa untuk mencabut tombol power tersebut 
  • Jika sudah tercabut jangan di lepas tombol reset tersebut
  • Lalu masukan Kembali tombol power tersebut sampai perangkat tersebut dalam kondisi normal
  • Jika sudah menyalah jangan langsung mencabut tombol reset tersebut
  • Maka jika masih menekan tombol reset tersebut sampai kabel power tersambung Kembali maka lampu indicator pada perangkat tersebut akan berkedap-kedip
  • Itu tsobat idnnya bahwa proses hard reset berjalan dengan lancer 
  • Jika sudah melalukan hard reset maka semua konfigurasi mikrotik sudah hilang dan Kembali pada kondisi default. 
  • Lalu silahkan login Kembali dan default login seperti biasa.
Ada beberapa cara yang dapat Sobat idn lakukan untuk melakukan soft reset pada routerboard Mikrotik:
  1. Menggunakan perintah CLI: Sobat idn dapat melakukan soft reset dengan menggunakan perintah command line interface (CLI). Caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke routerboard Mikrotik Sobat idn menggunakan Telnet atau SSH.
  • Setelah masuk, masukkan perintah “system reset-configuration” kemudian tekan y dan Enter.
  • Setelah itu, routerboard akan merestart dan kembali ke kondisi seperti saat pertama kali diinstal. Namun, konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya tetap akan tersimpan.
  1. Menggunakan menu reset pada Webfig atau Winbox: Sobat idn juga dapat melakukan soft reset dengan menggunakan menu reset pada Webfig atau Winbox. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Buka Webfig atau Winbox dan masuk ke routerboard Mikrotik Sobat idn.
  • Pilih menu System dan kemudian pilih reset configuration

.

  • Klik tombol Reset Configuration yang terdapat pada jendela yang muncul.

Setelah itu, routerboard akan merestart dan kembali ke kondisi seperti saat pertama kali diinstal. Namun, konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya tidak akan tersimpan.

Untuk melakukan install ulang (netinstall) pada routerboard Mikrotik, Sobat idn perlu melakukan langkah-langkah berikut:
  1. Persiapkan perangkat yang dibutuhkan: Sobat idn perlu mempersiapkan beberapa perangkat sebelum melakukan proses netinstall, yaitu:
  • Routerboard Mikrotik yang akan diinstall ulang
  • Komputer atau laptop yang terhubung ke internet
  • Kabel Ethernet
  • File instalasi RouterOS yang sesuai dengan tipe routerboard yang Sobat idn gunakan. Sobat idn dapat mengunduh file instalasi RouterOS dari situs resmi Mikrotik atau dari media penyimpanan lain yang tersedia.
  1. Hubungkan komputer atau laptop ke routerboard: Hubungkan komputer atau laptop Sobat idn ke routerboard Mikrotik menggunakan kabel Ethernet. Pastikan komputer atau laptop Sobat idn terhubung ke internet sebelum melakukan proses netinstall.
  2. Masuk ke menu netinstall: Buka aplikasi netinstall yang terinstall pada komputer atau laptop Sobat idn. Pilih Net Booting dan set ip staticnya.
  1. Jika sudah di set disisi Net Booting maka harus di set di sisi Client
  1. Jika sudah lakukan hard reset pada perangkat tersebut
    1. Cari tombol reset pada perangkat tersebut 
    2. lalu tahan tombol reset tersebut
    3. jika sudah ditahan cabut kabel power tersebut
    4. dan jangan lupa untuk tidak melepas tombol reset tersebut
    5. jika masih ditahan tombol reset tersebut masukan Kembali kabel power tersebut sampai perangkat hidup Kembali
    6. lalu tahan tombol reset tersebut sampai lampu berkedap kedip
    7. maka device tersebut akan terdeteksi di bagian Router/Driver
  1. Pilih file instalasi RouterOS: Pilih file instalasi RouterOS yang telah Sobat idn download sebelumnya dengan mengklik tombol “browse” yang terdapat pada jendela netinstall.
  2. Pilih routerboard yang akan diinstall ulang: Pilih routerboard Mikrotik yang akan diinstall ulang dari daftar yang terdapat pada jendela netinstall. Pastikan bahwa routerboard tersebut terhubung ke komputer atau laptop Sobat idn menggunakan kabel Ethernet.
  3. Mulai proses install ulang: Klik tombol “Install” yang terdapat pada jendela netinstall untuk memulai proses install ulang. Proses install ulang akan memakan waktu beberapa menit hingga selesai. Setelah proses selesai, routerboard akan mereset dan kembali ke konfigurasi default.
Catatan: Proses install ulang akan menghapus semua konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya, sehingga pastikan Sobat idn telah membackup konfigurasi tersebut sebelum melakukan proses install ulang.

Sekian  Tutorial reset mikrotik : hard reset, soft reset, dan install ulang (netinstall) semoga ilmu yang diberikan bermanfaat dan terima kasih.

Tertarik mengikuti training Mikrotik di ID-Networkers? Kami menyediakan berbagai pilihan training mikrotik cek disini.